Surat Menyurat Pemrogramman C# Menggunakan database Accses

Bismillah..
Semangat PAGI temen-temen.. kali ini saya bakalan share tentang bagaimana cara membuat sebuah program surat menyurat pada pemrograman c# dan databasenya menggunakan Accses. walaupun belum sempurna banget semoga materi ini bisa jadi ilmu yg berguna nantinyaa yaaah!!!

kuy kita mulai

Langkah Pertama :

Silahkan temen-temen design duluu form nya sesuai kebutuhan yaa..contohnya seperti punya saya ini untuk form 1atau saya jadikan sebagai form login.

Sebelum masuk ke langkah sebelumnya jangan lupa untuk mengkoneksi kan database nya dulu yaa, disini saya menggunakan Accses karena lebih mudah melihat path nya WKWKKWK..
Klik double pada form, lalu berikan script gini nihh, jangan lupa bismillah biar mudah


untuk mencari path atau alamat koneksi pada database accses, caranya gini, klik database explorer lalu klik kanan properties.. diproperties pada bagian kanan bawah terdapat connection string. itulah yg kita gunakan pada script koneksi tadi diatas.



jika sudah kita coba test connection, jika koneksi berhasil maka akan terdapat message box seperti ini


pada form login saya menggunakan beberapa tools seperti yg saya sudah jelaskan digambar..


klik doule pada button login dan gunakan script seperti ini yaaa..
klik double pada button cancel dan gunakan script ini


Langkah kedua :
Saya menggunakan beberapa tools disini sudah terdapat keterangan tools apa saja yg saya gunakan..

klik double pada form dab berikan isi pada comboBox agar comboBox ada isinya caranyaa gini


Selanjutnya Klik Double pada masing-masing Button yaa..
Untuk btnsimpan gunakan script berikut

 Untuk btnhapus gunakan script berikut
Untuk btnedit gunakan script berikut

Untuk btnrefresh gunakan script berikut
Untuk btnbatal gunakan script berikut

dah ah sekian dlu yaaa... untuk form surat masuknya silahkan ikuti script surat keluar perbedaannya hanya di nama field nya saja.. babayyy semuaaa mwaahhh :****

2 komentar:

admin mengatakan...

widih mantapp,,, pke blog dri 2013, tambahi artikelnya daftarkan ke adsense jdi duit deh XD
btw. cba msukkan username dan passwordnya kosong lngsung login aja bisalah ?

Unknown mengatakan...

hello mas admin wkkw.. ya gak bisa too kan di script saya langsung masukan user dan pass.. kalau kosongan ya gak bisa dan bakal muncul message box gagal.

Posting Komentar


up